Kamis, 06 Agustus 2015

HOAX Hadits mengenai Makanan Sehat Ibu Hamil Ala Nabi

Meluncur lagi di dunia maya...eh nemu lagi hoax yang di hubung hubungkan dengan agama islam...semula saya menemukan gambar semangka yang ada tulisan haditsnya...



Tapi sayangnya gak jelas pula siapa perawinya dan memang gak pernah denger sebelumnya, terus iseng iseng searching untuk mencari tau hadits tersebut... dan dapatlah saya artikel penuhnya seperti yang tertera di gambar di bawahi ini..Kemudian setelah saya perhatikan sumbernya... mustdarak al wasail... terus saya bertanya tanya lagi..."kitab apaan tuh ya?"



Contoh tulisannya bisa dibaca disini

Iseng iseng searching websitenya orang orang syiah...daaan eng ing eng...berasal dari kitab rujukannya syiah yang sesat ituhhh ternyataaaah.....baca yaaa di point 28 dan 29 jelas banget tuh...atau kalau penasan buka webnya langsung di http://www.alhassanain.com/indonesian/book/book/al_hadith_and_its_sciences_library/various_books/pengantar_ilmu_hadits/005.html. Kemudian kalau kita teliti nama nama imam yang disebut sebut dalam tulisan tersebut adalah imam imam dari 12 imam yang di anggap suci oleh sekte syiah. Diantaranya imam abul hasan (sebutan untuk imam ali bin abi thalib), imam ja'far as shadiq, imam hasan bin Ali dan imam ali ar-ridha.





Kenapa saya curiga sama broadcast hoax tersebut ? karena Ibnu Qayyim al Jauziyah dalam kitab thibbun Nabawy nya menerangkan bahwa hadits mengenai semangka banyak sekali namun yang betul betul shahih cuma berasal dari riwayat Abu daud dan Tirmidzi yang berbunyo : "Panasnya kurma di netralkan dengan dinginnya semangka".

Naaaah pelajaran niiii untuk bersikap kritis terhadap info info yang datang pada kita, karena hadits hadits berkaitan dengan dunia kesehatan itu buanyak tapi juga gak sedikit yang dhoif bahkan palsu.

Cateut kalau mau mengambil rujukan, silahkan merujuk pada kitab ibnu qayyim al jauziyah atau imam suyuti...biasanya kedudukan haditsnya pun juga di jelaskan.

 -Wallahu 'alam-  

Tidak ada komentar: