Rabu, 17 Desember 2008

PRINSIP DASAR HERBALOGI KLASIK 1

Kalau bahasan herbalogi yang lalu adalah mengenai pembagian herba berdasarkan sifat panas-dinginnya, pembahasan kali ini adalah pembagian herba berdasarkan derajat keampuhannya. Dalam teori nya ilmu kedokteran klasik membagi herba atas delapan derajat keampuhan yaitu empat derajat untuk herba dingin dan empat derajat untuk herba panas. Masing-masing derajat memiliki karakteristik berbeda. Tetapi secara umum baik herba panas maupun herba dingin memiliki karakteristik sebagai berikut :

    Derajat pertama
    Herba – herba pada zona ini biasanya akan mempengaruhi metabolisme tetapi tidak tampak secara  fisik. Perubahan yang berangsur-angsur lama dan tidak disadari bagi yang mengkonsumsinya. Contoh memberikan efek awet muda atau panjang umur.

    Derajat kedua
    Herba-herba yang berada pada zona ini umumnya menyebabkan perubahan metabolisme tubuh namun pada akhirnya dapat di kuasai oleh tubuh (artinya tubuh dapat menerima dan memberikan feed back yang baik) secara fisik perubahan ini dapat dirasakan lebih cepat tentunya dari pada derajat pertama. Contoh membuat orang berkeringat, membuat badan menjadi hangat, membuat badan menjadi lebih segar,dll.

    Derajat ketiga
    Tidak dipengaruhi oleh tubuh tetapi mempengaruhi tubuh. Semua bahan obatan-obatan kimia termasuk dalam kategori ini. Oleh karena itu harus ada kehati-hatian dalam menggunakannya. Pada penggunaan yang terus menerus akan mengakibatkan tekanan pada fungsi-fungsi tubuh.

    Derajat keempat
    Menyebabkan berhentinya fungsi tubuh. Yang termasuk dalam zona ini adalah bahan obat-obatan kimia yang yang dimasukkan kedalam tubuh yang sifatnya menkan fungsi-fungsi tertentu. Beberapa herba juga ada yang bersifat racun. Penggunaan bahan ini masih di mungkinkan jika keadaan memaksa dan harus dibawah penanganan dokter/tabib yang professional. Dalam kedokteran klasik penggunaan herba pada derajat keempat sangat jarang dipergunakan dengan kata lain menjadi alternatif terakhir dalam sebuah pengobatan.
    Pemahaman yang benar tentang herba akan mengajak kita untuk mengetahui tentang khasiat dan kegunaan herba itu sendiri sehingga kita pun bisa melakukan self healing terhadap diri sejak dini.


    Wallahu a’lam bishowab

    Tidak ada komentar: