Rabu, 10 Desember 2008

Mengenal habbatussaudah

"katakanlah: Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." (QS. Ali Imran, 31)

Di masa kini , dimana dunia sudah banyak tercemar, rusak oleh tangan-tangan manusia, berbagai macam penyakit akan tumbuh dalam tubuh kita meski tanpa kita sadari. Bermacam racun, zat asing/polusi udara ataupun polusi air dapat masuk dengan mudah ke tubuh kita.

Sedikit mengupas tentang pengobatan yang diajarkan oleh islam, yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, mudah-mudahan menjadi bahan pencerahan bagi kita dalam hal kesehatan.

Dalam surat An Nahl:69 Allah berfirman :
"Kemudian makanlah dari tiap-tiap buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu.Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warna, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia."

dari khalid bin Sa'ad, dia berkata :"Suatu ketika aku keluar bersama Ghalib bin abjar. Ditengah perjalan dia jatuh sakit. Sesampainya kami di Madinah, Ghalib tetap sakit. Ketika ibnu Abu Atiq menjenguknya, dia menyarankan pada kami:" Carilah Habbatussaudah, ambil sebanyak lima sampai tujuh biji, lalu tumbuklah sampai menjadi lembut. Setelah di beri sedikit minyak, teteskanlah pada bagian hidung dan bagian-bagian tubuh yang lain.Sebab 'Aisyah RA pernah bercerita kepadaku bahwa ia mendengar Nabi SAW pernah bersabda :"Sesunggunya, habbatussaudah ini merupakan penyembuh dari segala penyakit, kecuali As Sam". Saat aku tanyakan kepada 'Aisyah apaitu Ass\ Sam...'aisyah menjawab.."kematian" (hadist riwayat Bukhari)

Dua dalil di atas merupakan sumber yang menjelaskan bahwa madu dan habbatussaudah merupakan salah satu alternatif pengobatan yang sangat baik, sebab kita semua tidak meragukan lagi tentang kebenaran ayat suci al qur'an dan hadist nabi SAW.

Habbatusssaudah adalah sejenis tumbuhan yang banyak terdapat di kawasan gurun, di daerah arab, mesir, india, atau daerah lain yangberiklim gurun. Bentuknya berupa biji kecil berwarna hitam sehingga orang arab menamakannya habbatussaudah yang berarti biji hitam.

Habbatussaudah telah digunakan ribuan tahun lamanya. Terbukti dengan ditemukannya minyak habbatussaudah di pekuburan raja-raja mesir kuno. dahulu, habbatussudah ini hanya boleh digunakan oleh raja dan keluarganya.Habbatussauda juga di konsumsi oleh raja-raja jaman Yunani kuno dengan dijadikannya tanaman ini sebagai tanaman yangberkhasiat untuk pengobatan.

Pada masa kini pun habbatussaudah juga telah diteliti dan diakui kemanjurannya oleh para dokter dan ilmuwan.
  • Prof Dr Hildebert Wanger (German), habbatussaudah terbukti menyembuhkan pasien alergi, neodermitis, asthma, dan lemahnya daya tahan tubuh.
  • Prof. Lutz Bannasch (German) habbatussaudah memiliki khasiat anti tumor dan tanpa efek samping.
  • Dr. Stanley Kopok (USA) habbatussaudah mencegah tumor dan memperkuat daya tahan tubuh.
  • Dr. Tajul Yang (malaysia) omega yang terkandung dalam habbatussaudah lebih besar 10 kali lipat dari pada DHA dan EPA.
(Dikutip dari bulletin kesehatan Islami AT Thibbun Nabawi)

Tidak ada komentar: