Rabu, 10 Desember 2008

khasiat bunga rosella

mmm...yang satu ini herba nabi bukan yah? tapi gak ada salah nya kalau di tulis juga siapa tau bermanfaat :)

Teh Rosella (Hibiscus Sabdariffa L) dikenal juga dengan nama Teh Hibiscus, Teh merah dari Jamaica,Teh yaman atau teh Mekkah. Teh Rosella berasal dari kelopak bunga rosella. Kelopak bunga ini kaya akan vitamin C (anti oksidant), beta karoten, vitamin B1,B2,B6.

Tanaman rosella sejak lama dipercaya dan dimanfaatkan oleh masyarakat di semua benua untuk berbagaikeperluan mulai dari minuman yang menyegarkan,selai,bumbu masak sampai pengobatan tradisional. Manfaat rosella telah diteliti oleh beberapa peneliti dengan hasil yang begitu mengagumkan dan patut diperhitungkan sebagai alternatif pengobatan alami.

Khasiat Rosella :
- Membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol
- Memperlancar buang air besar
- Meningkatkan daya tahan tubuh
- Memperlambat osteoporosis
- Menghaluskan kulit dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

Sebagai anti hipertensi, ternyata rosella mampu menurunkan tekanan darah,ini terbukti dari hasilpenelitian yang dilakukan oleh timpeneliti Harrera Arellano dkk (dari pusat penelitian Biomedis di Mexico)terhadap 75 orang hipertensi.39 diantaranya diberikan terapi rosella dan 39 lainnya dengan obat anti hipertensi.

Hasilpenelitian menunjukkan ternyata pada penderita hipertensi yang diberikan terapi rosella, mengalami penurunan tekanan darah sistolik dari 139,5 menjadi 123,73 mm Hg dan tekanan darah diastolik turun dari 90,81 menjadi 79,52 mm Hg.

Hasilpenelitian menunjukkan perbandingan antara 1o gram rosella kering yang dicampur 0,5 liter air (mengandung 9,6 mg anthocyanins) yang diminum setiaphari sebelum sarapan dengan oterapi obat anti hipertensi (captopril 50mg/hari) tidak memperlihatkan perbedaan efektivitas yang signifikan.

Khasiat lain dari rosella adalah mampu mencegah terjadinya batu ginjal,menurunkan kadar kreatin, asam urat, sitrat, tartrat, kalsium, sodium dan fosfat.

Tidak ada komentar: