Selasa, 02 September 2014

KULIT DAPAT MENGINGAT; Bergetar kulit saat dibacakan ayat-ayat Al Qur'an

 Oleh Prof.Dr.dr.Dede Kusmana. Sp.JP (K)    Minggu, 27 D

Kulit dan Fungsinya
Kulit meliputi seluruh tubuh kita, merupakan organ tubuh yang paling luas dan berlapis lapis. Kulit melindungi bagian tubuh dibawahnya, sepeti otot , tulang , jaringan ikat dan organ organ lainnya. Kulit ditutupi pula dngan rambut . Pada manusia warna kulit ditentukan oleh zat pigmen dan bervariasi pula ada yang kering maupun berminyak. Kulit senantiasa bertumbuh, rata-rata setiap menit sekitar 40.000 sel kulit diganti dan sebulan sekali seluruh kulit diganti, meskipun tanpa kita sadari. Sekitar 95 % sel kulit mempunyai peran dalam memperbaharui sel dan hanya 5 % berfungsi memberi warna melalui produksi melanin.
Oleh karena kulit merupakan bagian terluar dari tubuh, maka tugas utama adalah melindungi dari kuman pathogen (berbahaya ) , serta bertindak sebagai pengatur atau melindungi dari paparan panas atau kelembaban maupun kekeringan, disamping memproduksi vitamin D


Selama bertahun-tahun para ilmuwan mencoba apakah kulit dapat menyimpaan memori ? Pada pertengahan tahun 2007 majalah Neuroscine telah mempublikasikan hasil riset bahwa sel yang mengandung molekul CaMKII berperan dalam menyimpan memori. Pada penelitian hewan percobaan degan menggunakan tikus tenyata jika sel CAMKII diserang , maka segera memorinya hilang dan kemudian sel tersebut siap kembali untuk menerima memori . Ibaratnya sebagai hard disk komputer. (Iván Izquierdo ,dkk ERK1/2 and CaMKII-mediated events in memory formation: Is 5HT regulation involved?
Ca2+/calmodulin-dependent protein kinase II (CaMKII), and the mitogen-activated protein kinase (MAPK) family. Available online 23 December 2007.).
Berarti kulit kita telah dilengkapi Allah SWT dengan alat
perekam yang tersebar diseluruh tubuh, apalagi tak ada bagian tubuh yang tidak ditutupi kulit. Tubuh kita dipasangi alat perekam yang akan disimpan didalam memori kita. Mari kita simak ayat-ayat Al Qur'an berikut ini :

  Dan (ingatlah) hari (ketika) musuh-musuh Allah digiring ke dalam neraka lalu mereka dikumpulkan (semuanya).( Fushilat, 19 ,20,21 )

Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan. (Fushilat, 20 )
Dan mereka berkata kepada kulit mereka: "Mengapa kamu menjadi saksi terhadap kami?" Kulit mereka menjawab: "Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai (pula) berkata, dan Dia-lah yang menciptakan kamu pada kali yang pertama dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan.


Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan saleh, kelak akan Kami masukkan ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah telah membuat suatu janji yang benar. Dan siapakah yang lebih benar perkataannya daripada Allah? (Annisa 122 )

Siapapun yang beriman dan beramal saleh dan selalu menjaga perbuatannya akan dijaga oleh kulit kita, selama kita menjaga kulit kita dari hal-hal yang dilarang agama.


Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Qur'an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan jantung mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorangpun pemberi petunjuk baginya.(Az-Zumar 23 )

Itulah janji Allah yang BENAR

Tidak ada komentar: