Jumat, 05 September 2014

HOAX: pete, lemon, jengkol, sirsak, srikaya memiliki kekuatan kemoterapi 10.000 kali lebih baik daripada obat


Saya sama sekali tidak menafikkan bahwa herba herba itu banyak sekali yang bermanfaat, tapi kadang kadang pemberitaannya itu berlebihan sekali.. dan sering gak masuk akal. apalagi sampai bisa menampilkan angka angka... tanpa dasar pemahaman yg benar.

Mungkinkah ada penelitian berbeda namun menghasilkan data yang sama persis dengan artikel yang isinya juga tidak jauh jauh... hanya berganti nama buah tapi konten isinya itu itu juga ???
Keterangan aneh yang mirip mirip itu diantaranya...
1. Penelitian yang dirahasiakan
2. Diteliti di 20 Laboratorium tahun 1970 /1976
3. Kekuatan 10.000 kali lipat dari kemoterapi
4. Menghancurkan 12 jenis sel kanker diantaranya kolon, payudara, paru paru, pankreas
5. Berasal dari pabrik obat terbesar di dunia ( gak tau juga nama pabriknya apa...)

  • Coba perbandingkan tulisan-tulisan pada gambar yang saya screenshoot dari beberapa artikel dibawah ini !!!

Contoh Tulisan Hoax Mengenai  Manfaat Pete


Contoh Tulisan Hoax Mengenai  Manfaat Jengkol

Contoh Tulisan Hoax Mengenai Manfaat Sirsak



Contoh Tulisan Hoax Mengenai Manfaat Lemon


Contoh Tulisan Hoax Mengenai Manfaat Srikaya
 http://erabaru.net


  • Penjelasan dari HOAX Slayer

In laboratory tests, graviola extract has been shown to kill certain types of liver and breast cancer cells that are resistant to particular chemotherapy drugs. One laboratory study also found that a compound isolated from sour sop seeds had 10,000 times the potency of one particular chemotherapy drug on colon adenocarcinoma cells. However, as yet, there have been no large scale tests on humans and there is no credible evidence to support claims that graviola is an effective cure or treatment for cancer. Moreover, graviola may have harmful side effects such as movement disorders and myeloneuropathy. Thus, while plant compounds in graviola may have properties that can kill cancer cells in vitro, claiming that sour sop is a "miracle unleashed" and a viable alternative to medical cancer treatments such as chemotherapy is highly misleading and potentially very dangerous.

Dalam tes laboratorium, ekstrak graviola telah terbukti dapat membunuh jenis sel kanker hati dan payudara tertentu yang resisten terhadap obat kemoterapi. Satu studi laboratorium juga menemukan bahwa senyawa yang diisolasi dari sirsak memiliki 10.000 kali potensi dari satu obat kemoterapi tertentu pada sel adenokarsinoma kolon. Namun, belum ada tes skala besar pada manusia dan tidak ada bukti kredibel untuk mendukung klaim bahwa sirsak adalah obat yang efektif atau pengobatan untuk kanker. Selain itu, sirsak mungkin memiliki efek samping berbahaya seperti movement disorders dan myeloneuropathy. Jadi, walau senyawa sirsak mungkin memiliki sifat yang dapat membunuh sel kanker secara in vitro, mengklaim bahwa sirsak adalah sebuah "keajaiban " dan alternatif untuk pengobatan kanker medis seperti kemoterapi sangat menyesatkan dan berpotensi sangat berbahaya.
http://www.hoax-slayer.com/soursop-c...cer-cure.shtml

  • Artikel Dari Wikipedia

According to Cancer Research UK, "there is no evidence to show that graviola works as a cure for cancer" and consequently they do not support its use as a treatment for cancer.[13] A court case relating to the sale in the UK of Triamazon, a soursop product, resulted in convictions on four counts related to selling an unlicensed medical product. The judge said that the drug had not been tested on human beings, was not licenced for use in UK markets and could cause symptoms similar to Parkinson’s Disease.[14]

Menurut Cancer Research UK, "tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa sirsak bekerja sebagai obat kanker" dan akibatnya mereka tidak mendukung penggunaannya sebagai pengobatan untuk kanker. Sebuah kasus pengadilan sehubungan dengan penjualan di Inggris dari Triamazon, produk sirsak, mengakibatkan vonis atas empat tuduhan yang berkaitan dengan menjual produk medis tanpa izin. Hakim mengatakan bahwa obat tersebut belum diuji pada manusia, tidak diizinkan untuk digunakan di pasar Inggris dan dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan penyakit Parkinson.

https://en.wikipedia.org/wiki/Soursop

  • Pembahasan serupa dan lebih lengkap juga sudah ada juga di bahas di link yang lain pada blogspot ini mengenai nanas (klik)

  • Ada video bagus niiiih mengenai isu hoax seputar penipuan info kesehatan dengan nara sumber dr Tan yang namanya juga pernah di catut oleh info hoax kesehatan semacam ini... Selamat menyimak




  • Terakhir...Silahkan buka link link berikut dibawah ini. Selamat Belajar...
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/14521988 
http://www.hoaxorfact.com/Health/graviola-tree-10000-times-stronger-killer-of-cancer-than-chemo.html
https://www.healthtap.com/#topics/soursop-cancer-hoax 
http://catatan.legawa.com/2011/02/apa-daun-sirsak-bisa-menyembuhkan-kanker/

1 komentar:

Rahmat mengatakan...

Hanya berlebih lebihan sih agar pembaca mau mencoba, tetapi bukan semua isi berita itu bohong atau sampah maka kita harus cerdik menyikapinya..