Senin, 08 September 2014

QUSTHUL BAHR (keluarga jahe jahean)

Allah Azza wa Jalla berfirman: “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.” (QS. Insan: 17). Dari Abu Sa’id Al Khudri bahwa ia menceritakan: “Raja Romawi pernah menghadiahkan kepada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam satu karung jahe. Beliau memberikan kepada setiap orang satu potong untuk dimakan, dan aku juga mendapatkan satu potong untuk kumakan.” (HR: Abu Nu’aim dalam kitab Ath Thibb An Nabawi)


Di kalangan para ahli dan dokter yunani, secara umum jahe popular digunakan sebagai obat yang sangat bermanfaat. Maka itu mereka menggunakan untuk pengobatan, sebagai bahan makanan untuk jantung dan lambung, dan menjadi bahan yang dapat mengeluarkan keringat badan, terutama dimusim dingin. Jahe juga banyak dijadikan campuran ke dalam ramuan obat-obat dan ditambahkan angsana/sena (senna) untuk mencegah mual, mengurangi dan mempersingkat masa mual.

Ibnu Al-Qayyim berkata, jahe bermanfaat untuk pencernaan, memperlancar perut, memperbaiki hati, gejala air empedu akibat dingin dan kelembapan secara bersamaan, dan menghilangkan angina (gas pada lambung). Secara umum, jahe berguna untuk ginjal dan usus. Sari atau air jahe yang mendidih digunakan untuk obat encok, rematik, dan menyembuhkan suara serak.

Dokter Arab menggunakan jahe untuk menghangatkan badan dengan sehangat-hangatnya. Dimana jahe mampu menimbulkan perasaan hangat dan rasa hangat dapat berlangsung lama pada badan. Membantu mencerna makanan, sehingga mampu melunakkan isi perut. Bermanfaat dari racun berbisa. Berguna untuk radang dingin. Dapat berfungsi sebagai obat kompres (penghangatkan dengan kain yang dipanasi atau penyekaan).

Dalam kitab "Tazkirat Daud Al-Antaki" bahwa jahe dapat membuka penyumbatan, menghilangkan dahak lender, dan kelembaban yang merusak dan tersembunyi di dalam lambung. Jahe juga dapat mengusir angin (kentut). Memperlancar kencing yang sampai ke dalam urat-urat/pembuluh darah, serta bermanfaat bagi badan.

https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=260340700679438&id=187199561326886

Tidak ada komentar: