Senin, 08 September 2014

Lintah di sayur kangkung Ternyata HOAX alias Bohong


Wahh, ternyata emang benar ya, berita tentang Kangkung dan Lintah ini mencuat lagi ke permukaan dan bikin resah banyak orang, termasuk ibu Ane...
Dan pastinya dari Agan-agan juga ada yang mendapat info dan email seperti itu kan ??
Nah, pada kesempatan kali ini, berbekal informasi dari beberapa sumber saya ingin mengajak pembaca semuanya untuk menganalisis dan membongkar ke-hoax-an berita ini,

1. Cerita dalam informasi ini tidak secara spesifik menunjukkan waktu dan tempat perisitiwa ini terjadi.
Penulis hanya mengatakan bahwa tempatnya di Yogya, Malaysia atau di Singapura. Gak konsisten banget...

2. Cerita dalam informasi ini juga tidak secara spesifik menunjuk nama dokter dan nama klinik yang bisa dijadikan rujukan.

3. Allah SWT menciptakan manusia dengan “system pertahanan” yang Subhanalloh sempurna.
Let say, lintah tadi super kuat. Tidak mati sama pemanasan. Tapi tahan gak dia ama asam lambung kita yang super kuat itu? Kalau ingin baca lebih detail tentang asam lambung & HCl, coba browsing tentang Hydrochloric Acid.
Disitu tertulis :“Concentrated hydrochloric acid (fuming hydrochloric acid) forms acidic mists. Both the mist and the solution have a corrosive effect on human tissue, with the potential to damage respiratory organs, eyes, skin, and intestines.”
Maka, dengan "pertahanan" dari asam lambung kita, Insya Allah lintahnya mati.

4. Dokter melakukan X-Ray/rontgen dan bisa melihat dalam usus tadi lintah sudah berkembang biak.
Perlu diketahui, lintah, cacing dan soft masses alias massa lunak lainnya di dalam perut, tidak akan terlihat jelas.

5. Disebutkan "Lintah hanya akan MATI jika DI BAKAR"
Of course itu salah besarrrr... Lintah sangat mudah mati karena tubuhnya yg terdiri dari air. Kalau terkena garam atau zat asam, dijamin 100% lintah pasti mati. Sebelum masuk ke usus, makanan berisi lintah pasti melewati lambung yang memiliki zat keasaman tinggi.
Nah pada fase ini lintah dijamin pasti mati.!!

6. Disebutkan lintah berkembang sangat cepat dalam waktu 1-2 hari.
Nah, ini juga merupakan kebohongan. Lintah memang bisa berkembang biak, tetapi lintah tidak dapat berkembang dalam waktu cepat. Lintah bisa berkembang kalau sudah dewasa, umumnya dalam waktu 6 bulan baru bisa berkembang biak.

7. Kebohongan terakhir, dan ini sangat berbahaya, yaitu Meminum Air Rendaman Tembakau.
Meminum air rendaman tembakau apalagi yang diambil dari rendaman rokok kretek bukan cuman lintahnya yang akan keluar dalam keadaan mati, manusianya juga bakal mati. Astagfirullahh... ini yang membuat informasi bohong ini benar-benar keterlaluan banget deh...

Jadi buat para Agan-agan penggemar kangkung, jangan takut makan kangkung lagi yaa...
Karena selain enak, Kangkung punya banyak manfaat, diantaranya Kaya dengan zat besi, Mencegah penyakit diabetes melitus dan kandungan vitamin C nya dapat mencegah sariawan dan gusi berdarah.
*Sebelum menelan mentah-mentah informasi yang kita terima, ada baiknya kita telusuri dulu sumber-sumbernya dan cari tau tentang kebenaran beritanya.
sumber : kaskus.co.id

http://m.pulsk.com/134390/Lintah-di-sayur-kangkung-Ternyata-HOAX-alias-Bohong.html

Tidak ada komentar: